PROFIL SENSEI MANGA

Mau kenalan sama Sensei-tachi (para guru) Manga yang mengajar di IkuZo!? Yuk kita baca profil mereka!

Jakarta Barat (Greenville dan Meruya)

Yustinus Sony Gest Aryadie – Sensei

 

Sensei yang akrab dipanggil Sony ini dari SMA suka membuat manga sendiri loh untuk teman-temannya. Respon dari para pembaca pun positif, jadi sampai sekarang sensei yang suka makan Takoyaki ini masih ingin membuat manga atau ilustrasi sendiri lagi. Nah, kemampuan Sony-sensei sekarang ini sangat dipengaruhi oleh semangatnya untuk belajar saat masih SD. Lucunya dulu Sony-sensei belajar gambar dari guru olah-raga yang memang pelukis. Setelah itu Sony-sensei melanjutkan untuk kembangin skill-nya sendiri. Menurut Sony-sensei kita memang harus terus latihan setiap hari. Kemampuan menggambar itu seperti pisau, yang akan semakin tajam kalau dipakai terus.

Sensei yang suka banget sama genre anime mecha, sci-fi, dan fantasi ni suka banget loh sama karya-karya-nya Akira Toriyama dan Morita. Disela-sela waktu luangnya, Sony-sensei hobi main game dan mendengarkan musik. Nah kalau ditanya tempat yang ingin didatangi di Jepang, Sony-sensei akan langsung jawab “Akihabara” karena ingin memborong action figure di sana. Wah pasti seru nih kalau ajak Sony-sensei ke Tokyo! ^^

Timotius Prieska Julianto – Sensei

 

Sensei yang doyan makan ramen dan sushi ini, mulai belajar dasar menggambar ketika SMP dari sepupunya yang kuliah jurusan desain. Selain itu sensei yang lebih sering dipanggil Julian ini, juga belajar gambar manga secara otodidak dan diajari oleh teman di kelompok kerja kebudayaan Jepang ketika kuliah di Atmajaya. Menurut Julian-sensei, manga itu menarik dan unik. Anime favorit Julian-sensei adalah Gundam dan Doraemon, sedangkan untuk komik, ia suka sekali membaca Hai Miiko! dan Chobits. Yang pasti, kata Julian-sensei, ia paling suka genre action komedi, tapi suka juga cerita sci-fi, dan kisah-kisah tentang Budha.

Oh ya, Julian-sensei pernah loh buat komik sendiri saat masih di bangku SMP dan komunitas. Sekarang, Julian-sensei lebih suka mengajar karena suka anak-anak dan ingin merubah dunia menjadi lebih baik. Wiiiih, mulia banget nih cita-citanya! Nah kata Julian-sensei, dalam melatih kemampuan menggambar, harus terus-menerus. Menurutnya kemampuan gambar itu tidak abadi, makin latihan makin bagus. Julian-sensei juga punya cita-cita nih ke Jepang. Ia bilang ingin sekali mengunjungi Akihabara untuk belanja koleksi Gundam, ke Odaiba untuk melihat patung Gundam, dan ke Hakodate karena suasananya yang romantis.

 

Ade Tiara-sensei

Manisnya sensei kita yang satu ini… 😀

Hobi menggambarnya menghantarkan Ade Tiara-sensei pada pekerjaannya saat ini. Kegemarannya dalam menggambar membuat tangannya menjadi lihai menari di atas kertas gambar. Sensei kita satu ini merupakan alumni Ikuzo lho…. Kata Ade-sensei, menggambar itu sudah menjadi kegiatan rutin baginya. Menurut cewek yang hobinya baca, renang, menggambar, dan bersih-bersih ini, menggambar manga itu lucu, unik dan sangat menarik. Walapun masih tergolong sensei baru, dia bisa menemukan bakat-bakat hebat dari mudrid-muridnya di Ikuzo ini. Menurutnya, hidup itu 1% adalah bakat dan 99% nya adalah minat.

Mr. Go

Kenalin! Saya Mr. Go

Kenalin! Saya Mr. Go

Nah nah nah kalau sensei yang satu ini, cuma mau dipanggil Mr. Go. Kalau dipanggil yang lain, dia gak bakalan nengok. Hehehee… Karena Mr. Go suka sekali sama masakan Indonesia, makanya dia memutuskan untuk pindah ke Jakarta, tapi katanya dia gak pernah nyobain rendang, loh! Setiap hari Mr. Go selalu menggambar di ruangannya sambil sesekali menonton anime atau membaca manga sebagai referensi mengajar. Mr. Go ini adalah sensei khusus untuk manga tutorial bulanan baik di Majalah Kiddo atau di website IkuZo! Setiap satu bulan sekali, Mr. Go akan memberikan tutorial manga yang praktis, mudah, namun bermanfaat untuk kamu. Cek di sini untuk mendapatkan tutorial terbaru setiap bulannya!

Jakarta Timur (Jatiwaringin)

Dharmawan Arif-Sensei

Hayo tebak… Arif-sensei yang mana ya?

Sensei Manga yang suka banget sama manga Naruto ini, belajar menggambar sejak SD. Arif-sensei awalnya belajar manga secara otodidak dari internet, manga, dan buku-buku latihan menggambar. Saat ini Arif-sensei telah menjadi sensei Manga selama kurang lebih 6 tahun. Arif-sensei yang paling suka gaya gambar Masashi Kishimoto ini, punya lebih dari 1000 manga yang sudah dikoleksi. Sebagian besar manga yang dikoleksi Arif-sensei bergenre action, komedi, dan sedikit manga roman.

Murid-murid Arif-sensei, sebagian besar usia SD dan SMP, sangat dekat beliau. Ini karena kelas Arif-Sensei selalu seru, menyenangkan tapi tetap serius dalam belajar dan berlatih di kelas. Saat ini Arif-sensei mengajar di Cabang Jatiwaringin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *