83% Murid IkuZo! Lulus Nouryoku Shiken

Bias Articles 0 Comments

 

Bagi para pecinta bahasa Jepang, tentu ada keinginan untuk mengikuti dan lulus dalam Nouryoku Shiken yaitu ujian kemampuan berbahasa Jepang. Ujian ini diadakan secara serentak di seluruh dunia, 2 kali dalam setiap tahunnya. Sejak tahun 2008 hingga bulan Juli 2011, sudah 5 kali Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (Nouryoku shiken, JLTP) dilakukan di Indonesia.

Selama itu, 84 orang murid IkuZo! mengikuti ujian yang tidak mudah itu dan 70 orang di antaranya berhasil lulus. Ini berarti persentase keberhasilan mencapai angka 83 %. Bukan hanya di 2 level awal yaitu N5 dan N4, tapi untuk level intermediate juga ada yang berhasil. Di level N3 (intermediate) 9 orang lulus (2 orang gagal), sedangkan untuk N2 (higher level) juga sudah ada 3 orang yang lulus tanpa ada yang gagal. Saat ini pun banyak murid IkuZo! yang sedang belajar sebagai persiapan untuk menghadapi berbagai tingkatan Nouryoku Shiken pada bulan Desember tahun ini.

IkuZo! Japanese and Manga Center sebagai salah satu kursus bahasa Jepang di Jakarta, selalu menyediakan kelas-kelas untuk persiapan Nouryoku Shiken. Kelas persiapan ujian ini diberikan kepada setiap murid IkuZo! kelas regular maupun privat yang sudah mendaftar ujian. Selain itu, IkuZo! juga menyediakan kelas persiapan untuk murid-murid baru. Untuk kelas persiapan ujian level atas (N1, N2) IkuZo! juga siap membantu dengan adanya guru native speaker. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas persiapan N2 dan N1.

Dengan berbagai persiapan yang matang, soal-soal latihan, dan penjelasan yang baik dari para sensei, IkuZo! yakin dapat memacu perkembangan dan kepercayaan diri para murid untuk menghadapi ujian. IkuZo! pun akan melakukan simulasi Noryouku Shiken untuk murid IkuZo! dan umum pada tanggal 26 November 2011 nanti di Gedung CNI Puri. Simulasi ini dilakukan agar para peserta ujian mengetahui sudah seberapa besar persiapan mereka untuk menghadapi Nouryoku Shiken tahun ini.

Nouryoku shiken adalah ujian kemampuan berbahasa Jepang yang dikhususkan bagi para penutur asing bahasa Jepang. Nouryoku shiken dilangsungkan pertama kali pada tahun 1984 dengan jumlah peserta sebanyak 7.000 orang. Ujian ini diselenggarakan pada bulan Desember tiap tahun dengan empat tingkat kesulitan (1, 2, 3, 4). Akan tetapi, sejak tahun 2010, sistem tersebut diubah menjadi lima tingkat (N1, N2, N3, N4, N5) dan diselenggarakan dua kali dalam satu tahun (khusus untuk tingkat N1, N2, dan N3), yaitu pada bulan Juli dan Desember.

 

oleh: Fukuda Kentaro

Editor: Bias

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *