Menguasai Bahasa Jepang, Pentingkah?

Bias Articles, Uncategorized 2 Comments

love-nihongo6

Berbagai bahasa asing saat ini ditawarkan dan dipelajari oleh murid-murid sekolah. Mulai dari bahasa Inggris yang saat ini menjadi salah satu alat komunikasi penting, hingga bahasa lainnya seperti Mandarin, Jepang, Korea, Jerman, Perancis, Arab, dan lain-lain. Namun tidak semua anak mampu untuk menguasai semua bahasa tersebut. Orang tua tentu harus memilih bahasa lain apa yang sesuai dengan minat anak atau yang akan memberikan peluang besar bagi anak di masa depan.

Sebenarnya salah satu bahasa asing yang penting untuk dipelajari adalah bahasa Jepang. Ada berbagai alasan yang dapat kita pertimbangkan:

  1. Kualitas pendidikan yang sangat baik

Jepang hingga saat ini masih tercatat sebagai negara di Asia dengan kualitas pendidikan terbaik. Sebagai contohnya, Universitas Tokyo adalah universitas terbaik di Asia dan selalu masuk ke dalam 10 besar universitas terbaik dunia.

japan

Universitas Tokyo (Tokyo Daigaku), universitas terbaik di Jepang dan salah satu terbaik di dunia.

  1. Jurusan yang menarik

Berbagai jurusan ditawarkan oleh universitas di Jepang. Mulai dari science, literatur, budaya, hingga ilmu social memiliki kualitas yang sa-ngat baik dan menjadi incaran mahasiswa asing.

Selain itu, Jepang memiliki berbagai sekolah kejuruan dengan jurusan yang menarik, seperti: manga, animasi, robotik, desain, teknik, patisserie, dll. Untuk masuk dalam universitas ataupun sekolah tersebut, tentu diperlukan kemampuan berbahasa Jepang yang baik.

  1. Banyaknya beasiswa pendidikan ke Jepang

Pemerintah Jepang setiap tahunnya memberikan bea-siswa untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di Jepang. Beasiswa ini disebut Monbukagakusho. Para pe-nerima beasiswa tersebut akan menerima biaya pendidikan sebesar 100%, biaya tunjangan hidup, dan biaya tiket pesawat PP. Beasiswa inipun diberikan tanpa ada ikatan dinas.

Selain itu ada berbagai perusahaan Jepang yang juga menawarkan beasiswa bagi calon mahasiswa S1 seperti Mitsui-Bussan dan Fujitsu. Beberapa universitas swasta pun, seperti APU (Asia Pacific University) menyediakan beasiswa hingga sebesar 100% kepada siswa berprestasi.

Dengan menguasai bahasa Jepang, maka kemungkinan untuk mendapatkan beasiswa pun akan semakin mudah.

  1. Ekspansi Jepang ke Indonesia

Saat ini semakin banyak perusahaan Jepang yang menanamkan modal ataupun membuka cabang perusahaan mereka di Indonesia. Hal ini dikarenakan semakin dekat-nya hubungan antara peme-rintah Jepang dan Indonesia.

Dengan begitu, maka akan semakin banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kemampuan bahasa Jepang

  1. Insentif tambahan bagi karyawan berbahasa Jepang

Beberapa perusahaan Jepang yang ada di Jakarta saat ini memberikan insentif tambahan bagi karyawan mereka yang berbahasa Jepang dengan baik. Hal ini dilihat tidak hanya dari penguasaan dalam percakapan sehari-hari, namun juga dari hasil atau sertifikasi JLPT (Japanese-Language Proficiency Test) atau dikenal juga dengan Nouryoku Shiken.

  1. Semakin terbukanya Jepang terhadap Indonesia

Dengan semakin eratnya hubungan kedua negara, Jepang dan Indonesia, maka semakin terbuka pula kesempatan kita untuk mengunjungi negara Jepang. Hal ini sudah dimulai dengan pembebasan visa bagi warga negara Indonesia yang memiliki e-paspor sejak akhir tahun lalu.

Hal ini semakin memudahkan kita untuk berwisata ke Jepang. Dengan menguasai bahasa Jepang, maka perjalanan wisatapun akan semakin mudah dan menyenangkan.

af

Kuil Sensouji di Asakusa, Tokyo, sering menjadi tempat wisata utama turis Jepang maupun asing.

Berbagai alasan tersebut di atas, dapat menjadi dasar pertimbangan bagi anda yang ingin memberikan alternatif kemampuan berbahasa asing bagi anak. Selain itu, menguasai bahasa asing tentu akan melatih kemampuan linguistik anak dan memperluas wawasan mereka.

Salah satu lembaga pendidikan yang memberikan kelas bahasa Jepang dengan kurikulum terstruktur dan sistematis adalah IkuZo! Japanese and Manga Center. Di IkuZo!, murid tidak hanya dilatih kemampuan menulis namun juga kemampuan berbicara. Setiap tahunnya, IkuZo! mendorong dan memberi pelatihan kepada setiap siswa yang akan mengikuti JLPT.

Saat ini kelas bahasa Jepang tersedia di cabang Jakarta Barat (Greenville & Meruya), dan Jogja.

Comments 2

  1. Umur saya 28 tahun….sebenarnya impian saya ingin pergi dan bekerja di jepan….apakah ada pendidikan yg sesuai dengan umur saya?

    1. Post
      Author

      Salman-san, konnichiwa!
      Terima kasih sudah menghubungi IkuZo! Jawabannya sudah kami kirim via email yah.
      Yoroshiku onegai itashimasu,
      Bias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *