Chibi Tutorial 3

Bias Tutorial 4 Comments

Hai adik-adik!

Bertemu lagi dengan Mr. Go dalam tutorial manga IkuZo!. Di edisi sbelumnya, kita sudah membahas tentang menggambar karakter chibi dengan skala 1:2 dan 1:3. Sekarang kita akan mempelajari tentang tipe karakter chibi dengan rasio 1:4. Ayo siapkan pensil dan kertas kalian!

Gambar di samping adalah bentuk proporsi standar untuk rasio 1 : 4. Pada tipe ini, pangkal paha terletak di garis lingkaran ketiga. Sedangkan untuk garis pinggang bisa divariasikan di tengah atau di bagian 3/4 ke bawah (kamu bisa klik gambar untuk lebih jelasnya).

1

Proporsi Standar 1:42

Penggambaran karakter dengan kaki yang kokoh memberikan penampilan maskulin. Kaki yang lebih panjang juga menunjukkan karakter cowok lebih tinggi.

 

 

 

 

 

Proporsi Cute (imut) 1: 43

Menaikkan pinggang sekaligus mempertahankan pangkal paha pada tempat yang sama pada karakter yang telah digambarkan.

 

 

 

 

 

Proporsi Kaki Panjang

Untuk tipe seperti di bawah posisi pangkal paha tepat 4setengah dari tinggi tubuh karakter sehingga merusak keseimbangan.

 

 

 

 

 

 

 

Proporsi Badan Panjang5

Sedangkan untuk tipe ini kaki sangat pendek dengan ukuran seperempat dari tinggi badan. Proporsi seperti ini cocok untuk karakter laki-laki atau perempuan usia pertengahan.

Nah bisa dilihat bahwa setiap variasi dalam proporsi Chibi 1:4 ini memiliki fungsi masing-masing dalam menggambarkan karakter. Mulai sekarang, coba kamu mulai perbaiki proporsi gambar chibi kamu sesuai dengan fungsinya yah! ^^

Sebelum itu, Mr. Go akan coba berikan caranya step-by-step ya!

Cara Menggambar Karakter Chibi dengan Rasio 1:4

1. Gambarkan empat lingkaran sama besar yang saling bertumpuk. Kemudian pada lingkaran ketiga bagilah menjadi 3 bagian. Carilah garis pangkal paha di antara lingkaran kecil 1 & 2.

62. Pada area kepala, tambahkan garis silang vertikal dan horisontal. Kemudian tentukan letak pinggang dan lutut dengan membagi dua daerah badan.

73. Tambahkan Mata, hidung, mulut dan alis pada wajah. Sambung dua lingkaran pada daerah badan membentuk badan dengan lekukan di daerah pinggang. Kemudian buat garis kaki dan tangan.

84. Tambahkan rambut pada bagian kepala, dan tambahkan otot tangan serta kaki. Hapus bagian-bagian yang tidak diinginkan.

95. Untuk detail mata, tambahkan dua lingkaran kecil pada sisi yang sama (misal sebelah kiri atas) kemudian satu lingkaran hitam di bagian bawah. Tambahkan detail baju dan celana.

106. Sebagai polesan terakhir, arsir pada bagian yang ingin di hitamkan Setelah itu kamu dapat menambahkan detil aksesori lain sesuai keinginan.

11Nah, bagaimana adik-adik? Mudah bukan?

Sekarang waktunya kamu untuk coba memnbuat karakter Chibi dengan rasio 1:4 ini sendiri. Teruslah latihan hingga kamu puas menciptakan karakter chibi-mu sendiri. Jangan lupa tahun ini akan ada lomba Manga bersama IkuZo!, jadi perbaiki terus karyamu yah!

Ganbatte kudasai ne!

Comments 4

    1. Post
      Author

      Dear Jiu-san,
      Konnichiwa! Untuk manga digital, bisa pakai photoshop juga kok. ^^
      Tapi bisa juga pakai Adobe Illustrator atau Manga Studio.
      Yoroshiku onegaiitashimasu,
      Bias – IkuZo!

    1. Post
      Author

      Mas-san, konnichiwa!
      Terima kasih atas komentarnya. Salam kenal juga.
      Yoroshiku onegai itashimasu,
      Bias – IkuZo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *