Legenda Ular dari Jepang Part 1

Bias Articles 0 Comments

 

Minna-san, ketemu lagi kita di artikel tentang Jepang untuk bulan ini. Nah menyambut datangnya Tahun Baru China yang akan diwakili oleh Shio Ular, yuk kita bahas tentang berbagai legenda tentang ular dari Jepang. ^^ Dalam artikel pertama kali ini, IkuZo! mau bahas tentang Tsuchinoko.

Tsuchinoko (ツチノコ ) adalah hewan yang dilaporkan ada di Jepang tapi belum pernah bisa dibuktikan (cryptid). Bentuknya seperti ular namun berperut gendut mirip botol atau pin bowling dengan ekor yang kecil mirip ekor tikus. Hewan ini dilaporkan pernah “dilihat” saksi mata di berbagai tempat di Jepang, kecuali di Hokkaido dan Kepulauan Ryukyu. Namun hingga kini, Tsuchinoko belum pernah berhasil ditangkap masyarakat Jepang karena saksi mata merasa takut, atau hewan ini lebih dulu melarikan diri.

Nama “Tsuchinoko” berasal dari nama lokal untuk hewan ini menurut penduduk daerah Kansai (Kyoto, Mie, Nara, dan Shikoku). Di daerah Kanto, penduduk menyebutnya sebagai bachihebi. Beberapa pemerintah daerah di Jepang menawarkan hadiah uang dalam jumlah besar bagi masyarakat Jepang yang berhasil menangkap tsuchinoko. Bahkan hadiah uang sebesar 100 juta yen pernah ditawarkan kota Itoigawa, Prefektur Niigata.

Berdasarkan cerita legenda, tsuchinoko mempunyai kemampuan berbicara dengan manusia dan cenderung sering berbohong. Beberapa juga percaya kalau Tsuchinoko menyukai alkohol dan sanggup meloncat sejauh 1 meter. Menurut saksi mata yang mengaku pernah melihat Tsuchinoko, hewan tersebut memiliki ciri fisik dibandingkan dengan ular biasa, bagian perut sedikit agak gendut, bisa berbunyi “chii”, bergerak dengan sangat cepat, dan dari mulut menyemburkan api.

Ada 3 pendapat yang berbeda mengenai cara bergerak Tsuchinoko:
1. Tsuchinoko berjalan dengan menggigit buntutnya lalu berputar menggelindingkan tubuh nya

2. Tsuchinoko berjalan seperti ulat

3. Tsuchinoko berjalan dengan menggoyangkan tubuh nya ke kiri dan kanan

 

Tsuchinoko dalam Sejarah
* Alat-alat dari batu berbentuk ular yang mirip tsuchinoko ditemukan dari situs arkeologi zaman Jomon di Hida, Prefektur Gifu. Gambar yang mirip tsuchinoko juga ditemukan pada bagian luar tembikar berbentuk guci yang berasal dari situs arkeologi di Prefektur Nagano.
* Tsuchinoko dijelaskan sebagai dewa padang rumput dalam literatur klasik Kojiki yang ditulis pada abad ke-8.
* Dalam ensiklopedia Wakan Sansai Zue asal zaman Edo, Tsuchinoko ditulis dalam artikel berjudul Nozuchihebi (野槌蛇, ular palu ladang).

Nah, bagaimana kalau menurut kamu? Apakah tsuchinoko benar-benar ada? Selama ini belum pernah ada orang yang mendapatkan bukti fisiknya, meskipun sudah ribuan orang dari seluruh Jepang melaporkan pernah melihatnya. Kalau suatu saat Tsuchinoko benar-benar ditemukan dan berhasil ditangkap, kira-kira akan diapakan yah?

Oleh: Bias

Sumber:

http://kamar-asik.blogspot.com/2012/09/penemuan-tsuchinoko-ular-legendaris.html
http://angkatigabelas.blogspot.com/2012/01/tsuchinoko-ular-legenda-jepang_26.html
http://uni-object.blogspot.com/2010/08/tsuchinoko-ular-legendaris-jepang.html

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *